Like on Facebook

Kamis, 24 Mei 2012

Windows 8 Hackathon, Microsoft Developer Conference 2012 Coding 24 Jam 1000 Developer, Yogyakarta

Cerita kali ini datang dari Hotel Sheraton, Yogyakarta dalam Windows 8 Hackathon : Microsoft Developer Conference 2012.


Saya dan kawan-kawan, para orang yang berkecimpung di dunia IT mengikuti acara yang diselenggarakan microsoft yaitu Microsoft Developer Conference 2012, Coding 24 Jam, 1000 Developer .

Jumlah developer yang ikut menjadi peserta sebanyak 1027 dan berhasil memecahkan rekor MURI dengan Pelatihan dengan jumlah peserta terbanyak yang berlangsung 24 jam nonstop di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta di 16 sampai dengan 17 Mei 2012. 

Developer tersebut berasal dari akademisi, praktisi IT start up, freelancer, dan mahasiswa. Beberapa Perguruan Tinggi, Sekolah Tinggi, atau organisasi-organisasi atau perkumpulan orang yang berkecimpung di dunia IT di Indonesia, dari kalangan pemula bahkan profesional. Perguruan Tinggi dan Sekolah Tinggi tersebut beberapa adalah UNY, UGM, UKDW, USD, UIN, STIMIK AMIKOM, STIMIK AKAKOM, Politeknik Bandung, ITB, IT Telkom Bandung, UNJ, dan lain-lain.

Konferensi ini dihadiri pembicara kunci dari Microsoft Corporation, Redmond, USA.

Para Developer diajarkan untuk mendalami teknik pemograman aplikasi yang digunakan dalam Windows 8, namun peserta juga diajarkan teknik-teknik pengembangan aplikasi Metro di Windows 8 dan pembuatan aplikasi. 

Pembicara dalam Konferensi ini tak tanggung-tanggung, mereka adalah :
Keynote Speaker
  • Walid Abu-Habda, Corporate Vice President, Developer and Platform Group, Microsoft Corporation
  • Said Zahedani, PhD, General Manager, Developer and Platform Group, Microsoft Asia Pacific
  • Andreas Diantoro, President Director, Microsoft Indonesia

Trainer Tamu
  • Herman Widjaja, Senior Test Lead, Microsoft Corporation

Trainer Utama
  • Risman Adnan, Director Developer and Platform Group, Microsoft Indonesia
  • Norman Sasono, Technical Advisor, Microsoft Indonesia
  • Irving Hutagalung, Technical Advisor, Microsoft Indonesia
  • Darmawan Suandi, Technical Advisor, Microsoft Indonesia
  • Julius Fenata, Technical Advisor, Microsoft Indonesia
  • Wirawan Winarto, Developer Tools Specialist, Microsoft Indonesia
  • Umi Fadillah, UX Specialist, Microsoft Indonesia
  • DR. Ridi Ferdiana, Microsoft Innovation Center Lead, UGM
  • Erick Kurniawan, Most Valuable Professional, UKDW
  • Puja Pramudya, Most Valuable Professional, ITB

Ditto Narapratama, Software Architec Navcore Nextology mengatakan, sesuai tujuan konferensi, peserta pelatihan harus memenuhi syarat kompetensi sebagai developer aplikasi seperti kemampuan pemrograman HTML/CSS & JavaScript atau NET (C#, VB.NET, C++) & XAML. Kompetensi lain yang dibutuhkan ialah UI Design & Multimedia dengan Microsoft Expression Designer atau Tool lain. Peserta wajib mempunyai ide atau skenario aplikasi Metro Style (Tablet/Slate) & mempunyai komitmen menyelesaikan aplikasi selama pelaksanaan Developer Conference 2012: Windows 8 Hackathon. “Mereka yang hadir bisa terdiri lewat Project Manager, UI/UX Designer maupun App Analyst,” katanya.
(http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2817164522266127315#editor/target=post;postID=8219093089054931014)
Acara ini tidak dipungut biaya, jadi gratis/free selama 2 hari termasuk makan dan minum dan juga sertfikat.

Setelah acara coding 24 jam berlangsung, dipilihkan 3 Jawara Pembuat aplikasi terbaik. 3 Jawara tersebut salah satu Team berasal dari Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) , mereka adalah Yanuar Arifin, Dayan R., Vivy K, Nuning Arumsari, dan Mirza yang membuat sebuah game bernama ULO ONDO. 3 Nama Pertama diatas adalah kakak kelas saya waktu SMP yaitu SMP N 1 Purbalingga dan juga ketika SMA di SMA N 1 Purbalingga. :D

Skema Ulo Ondo sama dengan permainan ular tangga yang diawali dengan mengundi dadu untuk memperoleh jumlah anak tangga yang akan ditapaki oleh seekor sapi. Pada setiap pemberhentian muncul pertanyaan yang harus dijawab. Jika benar, mendapatkan poin.

Selain game Ulo Ondo dari Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika UNY, 2 Jawara lainnya berasal dari mahasiswa Politeknik Bandung dengan game Baby Write Number dan Sudoku.

Mereka mendapatkan HP Nokia Lumia 800 dan Tablet Samsung yang sekarang belum ada di pasaran Asia, dan hadiah akan dikirim langsung dari Amerika Serikat.

Dengan dukungan fitur-fitur terbaru dalam Windows 8, nggak dibutuhkan kemampuan yang sangat tinggi untuk menghasilkan aplikasi yang berkualitas. “Jadi Windows 8 sangat cocok juga untuk developer pemula sekalipun,” pungkas Ditto Narapratama, Software Architec Navcore Nextology.




 ====================================
SELAMAT KEPADA TIM UNY,
Semoga kita bisa menjadi penerus kesuksesannya, aamiin.. hehe
====================================

0 komentar:

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu