Like on Facebook

Selasa, 16 Oktober 2012

Peninggalan Hindu-Budha di Desa Cipaku, Mrebet, Purbalingga

Mungkin banyak yang sebenarnya belum mengetahui ada nama Desa Cipaku di Kabupaten Purbalingga. Soalnya, dari teman-teman saya dari bangku SMP, SMA memang terbukti mereka rata-rata belum mengetahui keberadaan desa tersebut. Saya sendiri adalah putra asli daerah Cipaku. :D
Oke, pertama kita ketahui dulu tentang Desa Cipaku itu sendiri.
Desa Cipaku berada di Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.
(Jarak ke Kota Purbalingga kurang lebih 10-12km, dari OWABONG kurang lebih 2 km)
Kode Pos 53352. 
Kode wilayah Desa  = 33.03.08.2016
Rata-rata mata pencaharian penduduk adalah buruh dan petani, karena memang kondisi struktur tanah desa yang digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.
Desa Cipaku memiliki beberapa obyek wisata seperti CURUG NINI, TELAGA, dan Batu Tulis (Situs Hindu-Budha)



Baiklah, setelah kita mengenal karakteristik desa cipaku, lanjut ke topik yaitu Peninggalan Hindu-Budha di Desa Cipaku. Jujur saja, sebagai penduduk asli Cipaku baru sekarang saya menemukan informasi yang cukup lengkap mengenai sejarah desaku ini, memang peninggalan situs ini sudah saya ketahui sejak lama, tapi belum menemukan sumber yang pasti.

Postingan ini saya dapatkan dari website Kabupaten saya yang berjudul SITUS CIPAKU.

Di Desa Cipaku banyak ditemukan peninggalan-peninggalan Hindu-Budha yang diperkirakan dibuat abad ke 5 M sampai 6 M. Diantaranya Lingga-Yoni, arca Ganesha, Batu Tulis dan sebagainnya. Di Situs Cipaku paling banyak dan paling lengkap daripada tempat-tempat yang lain yaitu tiga buah lingga, empat buah yoni dan dua buah Arca Ganesha serta satu buah Prasasati Batu Tulis. 

Berdasarkan Prasasti Batu Tulis yang ditemukan di Desa Cipaku telah terbaca bahwa barisan pertama berbunyi “Indrawardhaya Wikramadewa“. Secara sepintas nama-nama tersebut mirip nama raja-raja dari kerajaan Hindu-Budha. Sampai dengan saat ini belum diketahui dengan pasti tentang siapa yang menulis batu tulis tersebut dan untuk apa batu ini dibuat. Namun, berdasarkan informasi ternyata di Purbalingga pernah berdiri sebuah kerajaan Hindu bernama “ Kerajaan Galuh Purba “ pada sekitar abad ke 3 M.

Arti Penting Situs Cipaku bagi Purbalingga
Situs Batu Tulis Cipaku merupakan hal yang penting bagi Purbalingga pada khususnya karena dari temuan-temuan di Situs Batu Tulis Cipaku terkandung informasi yang sangat banyak tentang agama Hindu diantaranya :

  1. Batu Tulis menjadi informasi yang sangat penting bahwa di Purbalingga pernah berdiri kerajaan Galuh Purba yang bercorak Hindu.
  2. Arca Ganesha menunjukkan bahwa agama Hindu berkembang di daerah tersebut.
  3. Banyaknya Lingga-Yoni mengindikasikan bahwa Cipaku pada saat itu dijadikan sebagai pusat penyebaran agama Hindu di Purbalingga.
  4. Dengan terlebih dahulu dilakukan upacara keagamaan.
Situs Cipaku merupakan aset penting kota Purbalingga terutama tentang agama Hindu-Budha. Namun,kondisi terkini seiring bertambahnya usia peninggalan-peninggalan tersebut mulai lapuk dan kurangnya perhatian terhadap situs tersebut. Oleh karena itu,perlu diwujudkannya rasa kecintaannya terhadap situs-situs budaya terutama dari generasi muda agar situs batu tulis desa Cipaku terjaga keberadaannya. Sehingga situs ini tetap mampu memberikan Informasi-Informasi kepada peneliti untuk terus menguak misteri yang tersimpan di situs Batu Tulis Cipaku tersebut.

0 komentar:

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu