Like on Facebook

Sabtu, 23 Februari 2013

Bagian Pendahuluan, Pembahasan, Penutup pada Karya Tulis Ilmiah



Tugas Bahasa Indonesia 2
Oleh
Hardika Dwi Hermawan
Pendidikan Teknik Informatika / Kelas E
Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta
11520241004

1.  Jelaskan bagian pendahuluan dari sebuah karya tulis ilmiah !
Jawab :
                Pendahuluan merupakan bagian penting dari sebuah karya tulis ilmiah diama pendahuluan berisi tentang hal-hal umum sebagai landasan dan arah kerja penyusunan, dan mengantarkan isi naskah. Bagian-bagian dari pendahuluan antara lain :
  1. Latar Belakang Masalah menggambarkan mengenai masalah dan alasan yang akan menjadi pembahasan pada karya tulis ilmiah tersebut.
  2. Rumusan Masalah beisi permasalah-permasahan yang ditemukan penulis yang berkaitan dengan objek penelitiannya, biasanya diungkapkan dengan kalimat Tanya.
  3. Tujuan Penelitian terkait dengan rumusan masalah dan judul yang dibuat dimana mencantumkan garis besar tujuan pembahasan dengan jelas.
  4. Metodologi Penelitian berisi penjelasan mengenai metode atau teknik yang akan digunakan penulis untk mencari dan menganalisis data penelitian.
  5. Sistematika Penulisan berisi tentang tata urutan pemaparan isi secara garis besar dari semua bab dalam karya tulis ilmiah.


  2. Jelaskan bagian pembahasan dari sebuah karya tulis ilmiah!
Jawab :
                Bagian pembahasan merupakan bagian paling penting dan merupakan bagian yang selalu dicermati oleh penilai. Dari bagian inilah dapat diketahui gagasan penulis dalam memecahkan masalah yang dikemukakan pada latar belakang masalah. Bagian pembahasan merupakan hasil analisis penelitian dari data-data yang telah diperoleh dan dibahas secara terperinci dan sistematis. Isi pembahasan tidak boleh menyimpang dan harus dilandari teori-teori tang sudah dikutip. Semakin banyak dan runtut pembahasan , penilai langsung terkesan bahwa karya ini baik dan dapat diterima.


 3. Jelaskan bagian penutup dari sebuah karya tulis ilmiah !
Jawab :
                Bagian pentup daris ebuah karya tulis ilmiah terdiri dari kesimpulan dan saran.
  1. Kesimpulan haruslah menjawab rumusan masalah dan tujuan penulisan. Bagian ini menjelaskan simpulan yang telah siperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan dan merupakan gambaran umum seluruh analisa dan relevansi dengan hipotesis yang dikemukakan.
  2. Saran berisi saran penulis kepada pihak-pihak yang terkait dengan tema penelitian dan menjawab dari kesimpulan yang dikemukakan.

4. Jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah dan semi ilmiah ditinjau dari sistematika karya tulisnya !
Jawab :
a.       Karya tulis ilmiah :
o  Menaati kaidah konvensi penulisan dengan kodifikasi secara ketat dan sistematis.
o  Memiliki bab pendahuluan.
b.      Semi Ilmiah :
o  Agak longgar tetapi tetap sistematis.
o  Tidak memiliki bab pendahuluan.

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu