Like on Facebook

Selasa, 19 Februari 2013

Syarat Karya Ilmiah, Kegunaan, dan Sikap Ilmiah



Tugas Bahasa Indonesia 1
Oleh
Hardika Dwi Hermawan
Pendidikan Teknik Informatika / Kelas E
Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta
11520241004

     1. Menurut Anda, bagaimana syarat-syarat karya tulis ilmiah yang dapat dikatagorikan sebagai karya tulis yang baik?
Jawab :
Menurut saya, syarat-syarat karya tulis ilmiah yang dapat dikatagorikan sebagai karya tulis yang baik adalah sebagai berikut :
a.       Topik atau pembahasan permasalahan yang diangkat objektif dan sesuai dengan fakta
b.      Karya tulis tersebut mengandung masalah yang sedang dicari pemecahannya atau memerlukan pemecahan
c.       Menggunakan metode tertentu dalam pengajian maupun dalam pemecahan masalah
d.      Bahasa yang digunakan harus baik dan benar, jelas serta tepat sehingga tidak terbuka kemungkinan bagi pembaca untuk salah tafsir (Gunakan EYD)
e.      Sesuai dengan sistematika, runtut, dan memenuhi persyaratan penulisan karya ilmiah
f.        Fokus pada permasalahan dan konsisten pada pemikiran yang utuh, baik secara keseluruhan maupun hubungan antarbab bagian karya tulis yang disajikan
g.       Ilmiah
h.      Tulisan tidak bersifat emosional atau menonjolkan permasalahan subjektif
i.         Tulisan didukung oleh data dan atau informasi terpercaya
j.        Efektif dan efisien

        2.  Menurut Anda, deskripsikan kegunaan sebuah karya tulis ilmiah bagi masyarakat umum!
Jawab :
Ada banyak kegunaan sebuah karya tulis ilmiah bagi masyarakat umum. Dengan banyaknya karya tulis ilmiah yang dipublikasikan, masyarakat umum dapat dengan mudah memperoleh bahan atau sumber yang dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, atau bidang yang digeluti. Banyaknya sumber referensi tersebut, masyarakat akan terbantu dalam mengembangkan tingkat pemikiran yang lebih matang dengan menggabungkan dan membandingkan hasil bacaan dari berbagai sumber serta mengambil sarinya. Karya tulis ilmiah dapat menjelaskan sebuah permasalahan yang sedang atau akan terjadi dalam masyarakat serta membantu menemukan pemecahan masalahnya. Karya tulis ilmiah dapat memberikan alternative-alternative solusi bagi permasalahan yang ada. Dengan begitu karya tulis ilmiah tentunya akan semakin memperluas cakrawala ilmu pengetahuan masyarakat.


   3.       Menurut Anda, deskripsikan sikap ilmiah yang wajib dimiliki sang penulis dalam pembuatan sebuah karya tulis ilmiah !
Jawab :
Sikap ilmiah yang wajib dimililiki sang penulis dalam pembuatan sebuah karya tulis ilmiah yang pertama adalah rasa ingin tahu. Seorang penulis hendaknya memiliki sikap ini, karena rasa ingin tahulah yang akan mendorong penulis untuk terus mencari tahu dan menggali informasi yang sesuai  dengan tujuan karya tulisnya. Dengan rasa ingin tahu, penulis akan memaksimalkan menggunakan seluruh alat inderanya untuk menyelidiki suatu masalah, memperlihatkan gairah dan kesungguhan dalam menyelesaikan eksperimen.
Kedua adalah sikap kritis dari penulis. Penulis tentunya tidak akan begitu saja menerima sebuah kesimpulan tanpa didasarkan fakta yang kuat. Dengan sikap kritis yang dimiliki, penulis akan mencoba menggunakan bukti-bukti yang untuk mengimpulkannya. Tidak merasa paling benar yang harus diikuti oleh orang lain serta bersedia mengubah pendapatnya berdasarkan bukti-bukti yang kuat. Sikap kritis inilah yang akan menghasilkan karya tulis ilmiah yang menarik dari segi cara pandang kritis penulis. Tanpa sikap kritis penulis, karya tulis ilmiah hanya akan menghasilkan karya ilmiah yang kurang menarik dan cenderung datar-datar saja ketika dibaca.
Ketiga adalah sikap obyektif. Sikap obyektif sangat diperlukan penulis dalam menulis karya tulis ilmiah. Sikap obyektif akan menjauhkan bias pribadi dan tidak dikuasai oleh pikirannya sendiri. Dengan kata lain, penulis dapat mengatakan secara jujur dan menjauhkan kepentingan dirinya sebagai subjek. Keempat adalah sikap ingin menemukan, penulis memberikan saran-saran untuk eksperimen baru dan selalu memberikan konsultasi yang baru dari pengamatan yang dilakukannya.
Kelima adalah sikap menghargai karya orang lain. Tidak akan mengakui dan memandang karya orang lain sebagai karyanya, menerima kebenaran ilmiah walaupun ditemukan opleh orang atau bangsa lain merupakan salah satu sikap ilmiah yang periu ada dalam seorang penulis.
Keenam dan ketujuh adalah sikap tekun dan sikap terbuka. Ketekukan diperlukan dalam mengadakan penyelidikan, selalu bersedia nmengulangi eksperimen yang hasilnya meragukan dan tidak bosan ketika melakukan kegiatan apabila belum terselesaikan. Sikap terbuka juga wajib dimiliki penulis, dengan sikap terbuka penulis harus bersedia mendengarkan argument orang lain sekalipun argument tersebut berbeda dengan cara pandangnya.

0 komentar:

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu