Like on Facebook

Kamis, 16 Januari 2014

Menikmati Gunung Api Purba, Nglanggeran

Gunung Nglanggeran adalah gunung api purba berbentuk bongkahan batu raksasa. Selain dapat menyaksikan sunset & sunrise yang mempesona serta gemerlap Jogja di malam hari, di Puncak Timur Nglanggeran juga terdapat misteri dusun dengan 7 kepala keluarga.

Akrom, Sukmo, Yayan, Hardika Dwi Hermawan
Gunung Nglanggeran terletak di kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl, tepatnya di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk dengan jarak tempuh 22 km dari kota Wonosari . Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan gunung Nglanggeran adalah gunung berapi purba. (gunungapipurba.com)

Hari minggu yang lalu, tepatnya tanggal 12 Januari 2014 saya bersama 5 orang temanku menyempatkan waktu untuk mencoba mendaki gunung api purba, ngglanggeran tersebut. Ini adalah pertama kalinya saya mendaki gunung, walaupun jarak pendakian tak seperti gunung-gunung lainnya. Tapi ini adalah pengalaman berharga yang pernah aku alami.
Akrom, Sukmo, Yayan, Hardika Dwi Hermawan
Kita berangkat sekitar pukul 03.15 WIB dari daerah condongcatur, sleman, Yogyakarta dan sampai sekitar pukul 04.30 WIB di kawasan gunung api nglanggeran. Sesampai disana kita langsung mencoba mendaki gunung, dalam kondisi gelap dan tidak membawa senter, kita menggunakan senter pada HP yang sangat terbatas jangkauan dan dayanya. Pada awal pendakian kita sempet tersesat, namun tidak lama kemudian kita dapat kembali ke trek yang benar.

Yayan Ari Subangkit, Hardika Dwi Hermawan
Sekitar pukul 05.40 WIB kita sudah sampai di puncak gunung api ngglanggeran. Udara sejuk dan dingin sangat terasa di sana.Ketika kita sampai disana kita tidak sendirian, sudah banyak tenda-tenda yang berjajar dan menginap untuk mencoba suasana menginap di puncak gunung api purba Nglanggeran ini.

Banyak sekali pelajaran yang kita peroleh diperjalanan ini, saling tolong menolong, peduli dan menjaga ego sangat dibutuhkan disini. Kerjasama itu sangat penting. 




0 komentar:

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu