Like on Facebook

Selasa, 10 April 2012

PHYSICAL LAYER (Lapisan Fisik) DALAM ISO


Secara umum untuk jaringan sekarang, pembakuan yang paling  banyak digunakan  adalah  model yang dibuat oleh  International   Standard  Organization (ISO) yang   dikenal dengan Open  System  Interconnection  (OSI). Model OSI  tidak membahas secara detail  cara kerja dari lapisan-lapisan OSI, melainkan hanya  memberikan suatu konsep dalam  menentukan proses apa yang harus terjadi, dan protokol-protokol apa yang dapat dipakai di suatu lapisan tertentu.
Model OSI: Model Open System Interkoneksi adalah digunakan untuk menggambarkan komunikasi berlapis dan desain jaringan protokol jaringan. Hal ini terdiri dari tujuh lapisan, yang masing-masing melakukan fungsi tertentu dan menyediakan lapisan atas dengan beberapa layanan. Pergi melalui penjelasan yang rumit dari model OSI.
7 lapisan dalam model ISO, berikut penjelasan singkatnya :
    1.      Lapisan Fisik (Physical Layer)
   Menangani koneksi fisik jaringan dan prosedur-prosedur teknis yang berhubungan langsung dengan media transmisi fisik.
    2.      Lapisan Data Link (Data Link Layer)
Layer ini berwenang untuk   mengendalikan   lapisan fisik,  mendeteksi  serta  mengkoreksi  kesalahan yang berupa gangguan sinyal pada media transmisi fisik.
    3.      Lapisan Network (Network Layer)
Berfungsi untuk menyediakan routing fisik, menentukan rute yang akan ditempuh.
    4.      Lapisan Transport (Transport Layer)
Layer ini menginisialisasi, memelihara,  serta  mengakhiri  komunikasi antar komputer, selain itu juga memastikan data yang dikirim benar serta memperbaiki apabila terjadi kesalahan.
    5.      Lapisan Session (Sessian Layer)
Berfungsi mensinkronisasikan  pertukaran  data  antar  proses   aplikasi dan  mengkoordinasikan komunikasi antar aplikasi yang berbeda.
    6.      Lapisan Presentasi (Pressentation Layer)
    7.      Lapisan Aplikasi (Application Layer)

LAPISAN FISIK
Lapisan fisik, lapisan terendah dari OSI model, yang bersangkutan dengan transmisi dan penerimaan dari aliran terstruktur sedikit mentah atas media fisik. Ini menggambarkan listrik/optik, mekanis, dan fungsional antarmuka ke media fisik, dan membawa sinyal untuk semua lapisan yang lebih tinggi. Menyediakan:
  • Data encoding: memodifikasi pola sederhana sinyal digital (1s dan 0s) digunakan oleh PC untuk mengakomodasi lebih baik karakteristik fisik media, dan untuk membantu dalam bit dan sinkronisasi frame yang canggih. Menentukan:
    • Apa sinyal negara mewakili 1 biner
    • Bagaimana menerima stasiun tahu ketika "sedikit-waktu" mulai
    • Bagaimana menerima stasiun delimits bingkai
  • Lampiran medium fisik, yang mengakomodasi berbagai kemungkinan dalam media:
    • Akan transceiver eksternal (MAU) digunakan untuk menghubungkan Media?
    • Berapa banyak pin konektor punya dan apa masing-masing pin digunakan untuk?
  • Transmisi teknik: menentukan apakah bit dikodekan akan ditransmisikan oleh baseband (digital) atau broadband signaling (analog).
  • Medium transmisi fisik: mengirimkan bit sebagai listrik atau sinyal optik yang tepat untuk media fisik, dan menentukan:
    • Apa pilihan medium fisik dapat digunakan
    • Berapa banyak volt/db harus digunakan untuk mewakili tertentu sinyal negara, menggunakan media fisik tertentu
Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu