Like on Facebook

Kamis, 21 Maret 2013

Tahap Analisis Kebutuhan APLIKASI "DIGIM-MPUS" (DIGITAL MAP FOR CAMPUS) UNY Mata Kuliah : Rekayasa Perangkat Lunak



 “DIGIM-MPUS”

DIGITAL MAP FOR CAMPUS
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
 
Oleh :
1.      Hardika Dwi Hermawan    11520241004
2.      Anjar Rohmi                        11520241014
3.      Ali Hasan Azis                      11520241020
4.      Afifatul Khoiriyah               11520241022

Dosen Pengampu : Dr. Ratna Wardani



1.      Pendahuluan
Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berdomisili di kota pelajar Yogyakarta memiliki wilayah yang cukup luas. Universitas Negeri Yogyakarta berdomisili di Jalan Colombo No.1 Yogyakarta 55281 memiliki tujuh Fakultas dan Program Pascasarjana yang terbentang seluas 553.445,15 m2. Wilayah yang cukup luas tersebut menjadikan mahasiswa dan pihak yang berkepentingan sering merasa kebingungan dalam mencari lokasi di Universitas Negeri Yogyakarta.
Sampai saat ini belum ada program yang menyediakan fasilitas bagi pihak terkait yang memberikan kemudahan dalam mengenal dan mengidentifikasi kampus UNY secara digital. Mahasiswa UNY, rata-rata belum begitu mengenal dan mengetahui lingkungan kampus secara baik. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya mahasiswa yang hanya mengenal lingkungan kampusnya masing-masing, sedangkan pengetahuan yang berkaitan dengan lingkungan kampus (fakultas lain) masih sangat kurang bahkan tidak sedikit mahasiswa tidak mengetahuinya. Mahasiswa pada umumnya kebingungan ketika mencari lokasi yang notabene tidak berada dalam territorial wilayah belajarnya. Mahasiswa hanya cenderung mengetahui wilayah kampus sebatas lingkup tempat dia belajar. Bahkan mahasiswa yang sudah mencapai masa studi empat tahun di UNY sebagian masih kebingungan ketika ditanya mengenai lokasi yang tidak berada dalam lingkup studinya. Pengetahuan mereka hanya terbatas fakultas tempat dia kuliah, rektorat, serta fasilitas umum seperti masjid, kopma, GOR, lapangan sepak bola yang memang berada dalam lokasi yang strategis. Disamping itu Mahasiswa baru yang setiap tahunnya masuk UNY, sebagian besar buta akan lokasi perkuliahan ataupun tempat-tempat penting di UNY.
Selain masalah yang dialami mahasiswa baru ataupun lama, masalah lokasi juga sering dialami oleh wali orang tua, delegasi, atau pihak yang berkepentingan dengan UNY.

      2.      Sistem yang Direncanakan
DIGIM-MPUS memberikan solusi bagi permasalahan mencari letak dengan memberikan efektifitas waktu dan efisiensi kerja  bagi pengguna dalam mencari lokasi yang dituju. Program ini memberikan tool informasi:
a.       Fakultas
b.      Fasilitas Olahraga
c.       Tempat Ibadah
d.      Tempat Makan
e.       Koperasi Mahasiswa
f.       Gedung Kemahasiswaan
g.      Gedung Utama Fakultas
h.      Perpustakaan
i.        Rektorat
Selain tool tersebut, keunggulan dari program ini adalah disediakannya fasilitas penunjuk jalan ke tempat tujuan.
DIGIM-MPUS akan menggunakan sebuah software Adobe Flash dalam membangun program. Selain Adobe Flash, software yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator yang digunakan dalam mendesain icon, teks, gambar, dan hal grafis lain yang mendukung. Selanjutnya, setelah selesai dibuat dengan flash. Program akan diintegerasikan ke dalam jaringan internet, sehingga semua orang bisa menggunakan program. Program yang dibuat dapat digunakan dalam berbagai media yang mendukung fitur flash seperti desktop, android, Blackberry, SmartPhone,I Phone, dan perangkat lain yang mendukung.
3.      Sasaran Pengembangan DIGIM-MPUS
Program DIGIM-MPUS, yang merupakan program khusus yang menyediakan denah interaktif bagi Universitas Negeri Yogyakarta diharapkan mampu menjadi solusi bagi masalah yang telah diungkapkan pada latar belakang. Kedepannya diharapkan DIGIM-MPUS dapat berkembang dengan bertambahnya content-content dan hal menarik lainnya. Selain itu, harapannya pihak Universitas memberikan akses mudah bagi pihak yang membutuhkan dengan meletakannya pada website Universitas, atau dengan memberikan fasilitas DIGIM-MPUS di sekitar wilayah kampus yang strategis.
    4.      Interface Sistem
Interface program ini akan disajikan dalam grafis yang menarik dan interaktif. Aksi 2D dan 3D akan diintegrasikan dalam program. Sistem juga menyediakan avatar bagi pengguna, avatar tersebut berbentuk dua ekor kucing laki-laki dan perempuan yang disesuaikan dengan karakter manusia berwajah kucing. Karakter tersebut disesuaikan dengan nama yang melekat pada DIGIM-MPUS, yaitu kata MPUS yang biasanya diistilahkan pada kucing.
    5.      UML

  
    6.      Batasan
a.      Program hanya menyediakan denah Universitas Negeri Yogyakarta
b.      Tool yang disediakan terbatas pada informasi tempat penting di Universitas Negeri Yogyakarta

0 komentar:

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu