Senin, 03 Januari 2011

Informasi PMB Universitas Indonesia (UI) Tahun 2011

Info UI nih, yang dah pengin ato kebelet banget masuk UI. ada sekitit info buat kalian.. smoga bermanfaat.. hehehe

Rabu, 29 Desember lalu Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia mengadakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia. Informasi disampaikan di Rektorat UI lantai 9 oleh Muhammad Anis selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Indonesia, adapun peserta yang hadir ialah paguyuban-paguyuban daerah dan Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM UI. Berikut ini disampaikan informasi terkait dengan penerimaan tersebut.

Jalur Penerimaan S1 Reguler

Berdasarkan Peraturan Menteri No. 34 tahun 2010 jalur masuk perguruan tinggi hanya dilakukan melalui ujian mandiri yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi tersebut atau selanjutnya disebut sebagai jalur mandiri serta jalur seleksi nasional, yakni melalui SNMPTN. Adapun untuk UI, jalur PPKB dan SIMAK UI dikategorikan sebagai jalur mandiri

Adapun kuota dari masing-masing jalur adalah:

1. Jalur Mandiri (UI:PPKB + SIMAK) maksimal 40%

2. Seleksi Nasional (SNMPTN) yang terdiri dari jalur undangan (minimal 10%) dan jalur tertulis (minimal 20%)

I. Penerimaan UI untuk S1 Reguler

Jika pada tahun lalu PPKB dan SIMAK UI menyediakan kuota yang amat besar untuk para siswa masuk ke UI, yakni sebesar 60% maka pada tahun ini dibatasi hanya maksimal 40% saja. Adapun pembagian kuotanya antara keduanya adalah:

>> PPKB: maksimal 25%

>> SIMAK UI: minimal 10%

II. Penerimaan Nasional

Yang dimaksud dengan penerimaan nasional hanya SNMPTN. Sedangkan untuk jalur masuk UMB ditiadakan pada tahun ini. Peraturan Menteri No. 34 tahun 2010 mengharuskan setiap perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan kuota masuk minimal 60% melalui jalur SNMPTN . Hal inilah yang membuat kuota masuk melalui PPKB dan SIMAK UI berkurang drastis. SNMPTN sendiri menyediakan dua cara untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, yaitu:

a. SNMPTN Jalur Tertulis

Jalur tertulis adalah jalur yang lazim kita temui dalam praktek sehari-hari, dimana para calon mahasiswa mendaftar lalu mengerjakan soal-soal ujian. Kuota masuk melalui jalur ini adalah minimal 20%

b. Jalur Undangan

Merupakan mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan penjaringan prestasi akademik, tanpa ujian tulis yang ditujukan kepada SLTA atau sederajat. Adapun persyaratan untuk masuk melalui jalur undangan antara lain:

1. Peserta Jalur Undangan ialah sekolah.

2. Kepala Sekolah mengirimkan siswanya yang sedang duduk di kelas 12.

3. Siswa yang dikirimkan (direkomendasikan) memiliki prestasi akademik yang konsisten pada setiap semesternya dan serendah-rendahnya berperingkat 25% terbaik di kelasnya.

4. Di rancang bahwa:

* Setiap Siswa Pelamar dapat memilih 2 (dua) PTN yang diminati.

* Siswa pelamar dapat memilih Program Studi yang diminati dalam PTN yang dipilih maksimal 3 (tiga).

SNMPTN jalur undangan ini hampir sama dengan program PPKB UI atau PMDK perguruan tinggi lain. Namun, yang membedakan keduanya adalah:

1. PPKB merupakan program UI sendiri , setiap sekolah baru dapat mengajukan siswanya apabila sekolah tersebut mendapatkan undangan PPKB dari pihak UI. Adapun sekolah yang diundang adalah sekolah yang telah melalui uji kelayakan oleh UI baik dari segi kualitas sekolah itu sendiri maupun kualitas alumni yang sedang belajar di UI.

2. Jalur Undangan merupakan program pemerintah, untuk dapat mengajukan siswanya ke perguruan tinggi, sekolah tersebut tidak perlu mendapatkan undangan khusus dari perguruan tinggi negeri yang dituju. Jadi, melalui jalur ini semua sekolah dapat mengajukan siswanya ke UI atau perguruan tinggi negeri lain asalkan siswa tersebut berprestasi serendah-rendahnya berperingkat 25% terbaik di kelasnya.

Pelaksanaan Penerimaan

Penerimaan S1 Reguler:

1. PPKB : November 2010 – Januari 2011

2. SNMPTN

a.Jalur Undangan: Februari – April 2011 (Tentativ)

b.Jalur Ujian Tulis: Setelah Pelaksanaan UN

3. SIMAK UI: Awal Juli (Tentativ, tergantung pada pelaksanaan SNMPTN)

Penerimaan Program Pendidikan

>> Vokasi, S1 Kelas Paralel, S1 KKI, S1 Ekstensi,

>> S2, S3 dan profesi/spesialis Gelombang 2

Dilakukan melalui SIMAK UI yang direncanakan diselenggarakan pada awal Juli (Tentativ, tergantung pada pelaksanaan SNMPTN.

http://www.facebook.com/home.php#!/note.php?note_id=140594489331872
Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu