Like on Facebook

Minggu, 30 Maret 2014

MAHASISWA PTI SELENGGARAKAN EDU-TECH 2014 BAGI SISWA-SISWI KEJAR PAKET C “RAHAYU” DI PURBALINGGASemin


Teknologi Informasi dan Komunikasi mengalami perkembangan yang begitu pesat di era globalisasi saat ini. Perkembangan dunia teknologi serta digitalisasi menjadi salah satu bagian yang ikut berperan dalam menyediakan informasi secara cepat dan aktual, telah membawa era baru dalam menyikapi segala aspek kehidupan tidak terkecuali aspek pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi. Globalisasi tanpa disadari sudah memaksa setiap orang berbaur dengan segala macam bentuk teknologi. Perkembangan teknologi dan informasi memberikan banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia. Namun, di sisi lain perkembangan teknologi juga memiliki dampat negatif apabila tidak kita sikapi secara bijaksana. Sudah menjadi keharusan kita semua bahwa kita wajib memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara bijak dan benar.Sebagai bagian dari masyarakat, mahasiswa memiliki kewajiban untuk mengabdikan dirinya dengan berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didapatkannya untuk kebermanfaatan bersama.
Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, tujuh mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (PTI), UNY menyelenggarakan sebuah kegiatan bernama Edu-Tech (Education Technology) 2014. Ketujuh mahasiswa tersebut adalah Hardika Dwi Hermawan, Ali Hasan Azis, Zein Syahida, Tri Nugroho, Siti Mahmudah, Anjar Rohmi dan Afifatul Khoriyah. Kegiatan Edu-Tech 2014 sangat didukung oleh ibu Nuryake, M.Pd selaku dosen Mata Kuliah Bimbingan Karir. Edu-Tech 2014 diselenggarakan di Kejar Paket C “Rahayu” Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada Sabtu-Minggu, 29-30 Maret 2014. Tujuh mahasiswa dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika tersebut memilih target siswa-siswi Kejar Paket C dengan alasan bahwa selama ini siswa-siswi Kejar Paket C masih kurang diberi kesempatan untuk belajar mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, padahal saat ini pengetahuan dan keterampilan berkaitan TIK sangat penting. Selain hal tersebut, siswa-siswi Kejar Paket C “Rahayu” juga terdiri dari banyak pemuda-pemudi produktif yang berumur antara 16-24 tahunan.
Pelatihan Photoshop CS6
Edu-Tech 2014 yang dilaksanakan selama dua hari terdiri dari Training dan Seminar ICT (Information and Communication Technology). Training ICT diselenggarakan di SD N 3 Cipaku. Training ICT yang diberikan adalah pelatihan desain grafis menggunakan Adobe Photoshop CS6 yang diikuti oleh 25 siswa-siswi Kejar Paket C “Rahayu” pada hari Sabtu, 29 Maret 2014. Antusias siswa-siswi Kejar Paket C tersebut terlihat dari awal hingga akhir.Hingga acara pelatihan berakhir, siswa-siswi tersebut masih terus ingin belajar mengenai desain grafis menggunakan Adobe Photohsop. Pelatihan desain grafis yang diberikan adalah pengenalan berbagai macam tools dalam Adobe Photoshop CS6, cara mengganti background foto, kemudian diakhiri dengan challenge untuk membuat desain poster/iklan yang kemudian dipilih 1 desain terbaik untuk diberikan hadiah.
Salah satu peserta pelatihan, Sutrianto mengatakan bahwa dirinya merasa senang bisa mengikuti acara pelatihan desain grafis ini, kegiatan seperti ini baru pertama kali dia dapatkan. Sutrianto juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan ditahun-tahun berikutnya.
Acara hari kedua adalah seminar ICT dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara Bijaksana” yang dilaksanakan pada hari minggu, 30 maret 2014. Seminar ICT yang diselenggarakan di Balai Desa Cipaku tersebut dihadiri oleh 121 siswa-siswi Kejar Paket C “Rahayu”, Kepala Sekolah Kejar Paket C “Rahayu” beserta tutor, Kepala Desa Cipaku dan beberapa tokoh masyarakat di Desa Cipaku.
Acara Seminar ICT dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Kejar Paket C ”Rahayu”, bapak Sugiarto, S.Pd MM. Dalam sambutannya, bapak Sugiarto, S.Pd MM. menyampaikan bahwa,”Anak-anak sekarang sudah sangat kental dengan perkembangan teknologi, namun sayangnya mereka masih kurang bijak dalam memanfaatkan teknologi. Dengan adanya kegiatan dari mahasiswa UNY ini, harapannya dapat memberikan wawasan kepada siswa-siswi Kejar Paket C dan seluruh peserta bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara bijaksana.”
Dalam sambutannya, beliau Bapak Sugiarto, S.Pd MM. juga sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini dan akan terus mendukung. “Tidak semua kelompok belajar Paket C dapat menyelenggarakan kegiatan seperti ini, tapi berkat mahasiswa UNY, mereka memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat belajar secara langsung mengenai teknologi. Jadi, manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini.” tambah beliau dalam sambutannya.
Seminar ICT di Kejar Paket C Rahayu, Purbalingga
Acara Seminar ICT diisi dengan 2 materi utama, yaitu materi pertama berkaitan dengan Perkembangan Teknologi Informasi dan Media Sosial Saat ini dan materi kedua berkaitan dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara Bijaksana.
Materi pertama yang disampaikan oleh Hardika Dwi Hermawan memberikan gambaran nyata kepada peserta bahwa perkembangan teknologi saat ini benar-benar begitu pesat, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat kita harus menyikapinya dengan bijak. Begitu juga dengan perkembangan berbagai media sosial saat ini, jangan sampai kita jadi budak teknologi dan semakin autis dengan teknologi. Teknologi ada untuk mendukung aktivitas manusia bukan untuk merusak tantanan kehidupan manusia. 
Materi kedua berkaitan dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Secara Bijaksana disampaikan oleh saudara Ali Hasan Azis dan Siti Mahmudah. Materi tersebut menjelaskan bagaimana kita dapat menanfaatkan teknologi secara bijak sebagai pusat belajar, pusat budaya, dan pusat peradaban yang dapat digunakan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran dan juga mendukung perekonomian. Peserta juga diberikan penjalasan mengenai bagaimana memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai tempat online shop.
Seminar ICT tersebut berlangsung lancar dengan  antusias yang tinggi dari peserta. Seluruh peserta mengikuti seminar dari awal hingga akhir. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari peserta seminar juga menunjukan antusias yang tinggi mereka terhadap perkembangan teknologi.
Hardika, sebagai ketua panitia dalam kegiatan Edu-Tech 2014 menyampaikan bahwa,”Ada banyak sekali pertanyaan dari peserta seminar, ada sekitar 10 pertanyaan lebih yang mereka lontarkan, karena waktu terbatas, pertanyaan mereka dibatasi. Hal tersebut membuktikan bahwa, siswa-siswi Kejar Paket C ternyata memiliki minat dan antusias yang tinggi terhadap perkembangan serta pemanfaatan teknologi. Hal ini perlu kita perhatikan terus agar mereka tidak salah dalam memanfaatkan teknologi, mereka harus kita arahkan dan beri bekal, jangan malah dibiarkan saja.”
Kegiatan Edu-Tech 2014 ditutup dengan penyerahan Hadiah Desain Terbaik dalam pelatihan ICT, penyerahan doorprise bagi 3 penanya pertama, serta penyerahan kenang-kenangan dari Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika UNY kepada Kepala Sekolah Kejar Paket “C” Rahayu dan Kepala Desa Cipaku, Mrebet, Purbalingga.

0 komentar:

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu