Like on Facebook

Minggu, 22 Desember 2013

Sensasi Makan "LEM", Sinonggi Makanan Khas Suku Tolaki, Kendari

Sinonggi
Anda pernah makan lem? saya pernah! wahaha..

Sebenarnya makanan ini bukanlah LEM sungguhan, melainkan SINONGGI, makanan khas Suku Tolaki dari Kendari.. Sinonggi adalah makanan yang terbuat dari pati sari sagu. Kalau di maluku namanya Papeda..

Saya ( Hardika Dwi Hermawan ) sedang diajari
cara menyajikan Sinonggi ke Piring
Ketika pertama makan, bener-bener harus sedikit-sedikit. Karena, kalau terlalu banyak ketika mau di telan ada yang masih nyangkut di mulut ada yang udah sampe tenggorokan.  Bagi orang luar kendari, yang sebelumnya tidak pernah makan makanan khas ini mungkin akan susah menikmati, seperti saya dan beberapa teman lain. hehe
Untuk sinonggi, tepung sagu yang sudah dimasak tidak dicampurkan dengan sayur, kuah ikan, sambal (“dabu-dabu”), atau bumbu lainnya, namun tergantung selera masing-masing. Bagi suku Tolaki, sinonggi dahulu merupakan makanan pokok, namun saat ini telah menjadi makanan sekunder pengganti beras pada masa paceklik.


Teman dari Universitas Medan sedang mencoba
mengambil sinonggi ke dalam piringnya
Kita menyantap sinonggi dengan sayur dan lauk. Yang sangat khas, biasanya sinonggi disajikan bersama kuah ikan kerapu, ikan cakalang dan ikan putih. Ikan-ikan ini banyak ditemukan di Teluk Kendari dan perairan sekitarnya.

Mau coba, silahkan mencoba rasanya makan makanan yang seperti lem ini. :D Mungkin, saya cukup 1 kali saja..hehee


0 komentar:

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu