Like on Facebook

Kamis, 30 Desember 2010

INDONESIA, Negara dengan Sejuta Keindahan Alam

Indonesia adalah salah satu negara tujuan pariwisata di Asia Tenggara. Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudra Hindia karena letaknya yang berada di antara dua benua, dan dua samudra, ia disebut juga sebagai Nusantara (Kepulauan Antara).

Indonesia terdiri dari 17.508 pulau, adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat dan presiden yang dipilih langsung.

Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan. Semboyan nasional Indonesia, "Bhinneka tunggal ika" ("Berbeda-beda tetapi tetap satu"), berarti keberagaman yang membentuk negara.

Selain memiliki populasi besar dan wilayah yang padat, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. Berbagai macam objek wisata terdapat di Indonesia terutama ecotourism.

Di Indonesia bagian barat, kita dapat menemukan Danau Toba (Sumatra Utara), Sungai Musi (Sumatra Selatan), air terjun Sukadan Ham (Lampung), penangkaran Buaya (Medan, Sumatra Utara) dan lain-lain. Sedangkan di Indonesia bagian Timur, kita dapat menemukan pantai Lasiana (Kupang, Nusa Tenggara Timur), air terjun oenesu (Nusa Tenggara Timur), pantai Lombok (Lombok), Pantai Losari (Sulawesi Selatan), wisata laut Bunaken (Sulawesi Utara), Pantai Hamadi (jayapura), danau tiga warna Kalimutu (Nusa Tenggara Timur) dan lain-lain.

Berlibur di Indonesia merupakan salah satu tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara, bahkan Rusia dan Jepang sudah menjadikan Bali sebagai salah satu tempat wisata tersendiri bagi mereka. Oleh karena itu, tak sedikit wisatawan yang memberikan nilai sempurna bagi keindahan alam dan keanekaragaman budaya Indonesia.

Ketika kita pergi berlibur ke suatu daerah atau lokasi wisata, kegiatan yang tidak pernah ketinggalan adalah berbelanja. Kita dapat memilih pusat perbelanjaan yang kita inginkan, produk-produk yang ditawarkan pun beraneka-ragam mulai dari kerajinan dan anyaman maupun berbagai corak batik Nusantara.

Wisata Kuliner di Indonesia tak kalah menariknya dengan wisata kuliner di Negara tetangga. Indonesia juga mempunyai beraneka-ragam hasil pangan berkualitas tinggi, seperti Es pisang ijo dan coto Maros (khas Kota Makasar-Sulawesi Selatan), jagung Bose (Nusa Tenggara Timur), Gudeg (yogyakarta), Manisan (khas Kota Malang- Jawa Timur), Kripik Udang dan kripik tempe (khas Jawa Barat), dodol (khas Garut, Jawa Barat) dan lain-lain.

Bagi kita yang memiliki jiwa petualang, kita akan disuguhkan wisata pegunungan seperti gunung Bromo (Jawa Timur), Gunung Ciremai (Jawa Barat), Pegunungan Jayawijaya (Papua), gunung Semeru (Jawa Timur) dan lain-lain.

Sedangkan bagi yang ingin wisata religi, Indonesia juga mempunyai wisata religi seperti Masjid Demak (Jawa Tengah), candi Prambanan, candi Borobudur dan candi Kalasan (Jawa Tengah), pura Besakih (Bali), masjid Sunda Kelapa (Jakarta) dan lain-lain.

Tak tertinggalan Kota Jakarta. Sebagai ibukota Negara Indonesia, Jakarta mempunyai berbagai tujuan wisata juga banyak terdapat di sini. Kita bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah yang di dalamnya terdapat anjungan-anjungan seluruh propinsi yang ada di Indonesia dan berbagai museum-museum. Lalu kita dapat melihat monumen Nasional serta Museum Jayakarta yang berisikan sejarah tinggi bangsa Indonesia. tak kalah menarik adalah wisata Hutan Kota (Jakarta Barat). Wisata Kuliner juga banyak terdapat di sini, seperti gado-gado, lemper dan ketan khas Betawi.

Sebagai salah satu warisan budaya, batik menjadi produk unggulan Indonesia yang luar biasa. Batik di Indonesia mempunyai beraneka ragam corak dan mempunyai kekhasan tersendiri. Batik Singkawang (Kalimantan Barat) mempunyai khas campuran etnis Cina dan Melayu, Batik Yogya, batik Pekalongan, Batik Cirebon, Batik kab. Kuningan mempunyai khas jawa asli baik pedalaman maupun pesisir dan berbagai corak batik yang lain.

Karena animo yang sangat tinggi dalam menggunakan batik, berbagai sekolah menengah di Indonesia sudah diadakan pelajaran ekstra kulikuler dalam belajar membatik. Hal ini diharapkan agar budaya asli Indonesia tidak musnah oleh arus globalisasi.

Jika kita mengkaji Indonesia lebih dalam maka kita akan dapat menyimpulkan bahwa Indonesia memang negara yang sangat hebat. Ribuan pulau dengan ribuan budayanya serta didukung oleh sumber daya alam dan sumber daya manusianya yang unggul, Indonesia mampu bersaing dalam berbagai kegiatan dikancah dunia internasional.

Oleh karena itu, kita sebagai bangsa dan rakyat Indonesia marilah kita menunjukkan pada dunia bahwa kita memang hebat. Indonesia memiliki segalanya, tak ada yang tidak ada di bumi pertiwi Indonesia. Kenali Indonesia, sayangi Indonesia, aku cinta Indonesia.

0 komentar:

Karna hidup punya banyak rasa untuk harimu