8 Prinsip Multimedia Pembelajaran (sumber : Mayer, R.E (2001). Multimedia Learning)
Pemanfaatan multimedia pembelajaran didasarkan atas asumsi :
- Dual Channels
- Limited capasity, dan
- Active processing
Pemanfaatan multimedia pembelajaran didasarkan atas asumsi :
- Dual Channels
- Limited capasity, dan
- Active processing
8 PRINSIP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
- Multimedia Principle
Materi akan lebih efektif apabila disajikan dengan gambar dan kata daripada hanya kata-kata saja. - Contifuity Principle
Gambar dan penjelasannya lebih baik diletakan sedekat mungkin (spatial dan temporal) - Coherence Principle
Kata,gambar, suara, video yang tidak penting/relevan sebaiknya dihilangkan. - Modality Principle
Penjelasan yang menyertai gambar/animasi yang kompleks sebaiknya disajikan berupa narasi, bukan teks tertulis. - Redundancy Principle
Penggnaan elemen multimedia sebaiknya jangan berlebihan. - Personalization Principle
Materi lebih baik disajikan dalam gaya bahasa percakapan (tidak formal) - Interactivity Principle
Pemahaman materi akan lebih optimal bila disertai kontrol. - Signal Principle
Penyajian materi perlu dilengkapi dengan penandaan/identitas.
0 komentar:
Posting Komentar